Anda di referensikan oleh SHELI
[Pelajari Lebih Lanjut]

Keranjang Belanja

 x 

Keranjang kosong
Menu [klik disini]

Semua orang ingin bahagia, lo, gw, siapapun itu pasti pengen bahagia, dan karena itu, kita mengejar kebahagiaan. Akhirnya banyak orang bersusah payah untuk mencari resep kebahagiaan dengan ilmu dan ukuran yang lebih pasti. Nah kali ini gw mau bagi resep bahagia menurut pandangan gw pribadi.

 

 

Semua orang ingin bahagia, lo, gw, siapapun itu pasti pengen bahagia, dan karena itu, kita mengejar kebahagiaan. Akhirnya banyak orang bersusah payah untuk mencari resep kebahagiaan dengan ilmu dan ukuran yang lebih pasti. Nah kali ini gw mau bagi resep bahagia menurut pandangan gw pribadi.

 

1. Punya banyak uang

Serius ini, lo gak punya uang susah lo bahagia.

Hari gini bohong kalo bahagia tidak melibatkan uang. Hidup pasti butuh uang dan hal-hal yg bikin lo bahagia pasti melibatkan uang.

Pasti men, hidup di jaman sekarang apa-apa uang men. Apapun itu.

Nonton yt bikin lo seneng? Lihat video lucu-lucu bikin seneng. Nonton Kekeyi nyanyi bikin lo seneng? Nonton Kekeyi di buly bikin lo seneng, Nonton artis beli mobil mahal bikin lo seneng? Keluar uang ga nonton yt? Buat hp lo yg lo pake?, buat laptop lo?, Buat pulsa? Ngga kok gw ga keluar uang, yaelah pasti ada yg keluarin uang spy lo bisa nonton yt. Ortu lo kek, kantor lo kek atau tetangga lo yg wifinya lo colong, yg hp/laptop nya lo colong juga kek, pasti ada yang keluar uang. Itu contoh paling sederhana.

Lo punya bakat melukis, tapi gak ada uang, gak ada yang membiayai, gak bisa beli kanvas, gak bisa beli kuas dan cat minyaknya, bakat lo gak bakal tersalurkan kan?

Pasti ada uang terlibat ketika lo bahagia, meskipun itu bukan uang lo. Bisa uang orang tua lo, uang sodara lo, pasti ada lah uang yg terlibat.

Maka menjadi wajib menyadari bahwa bahagia itu pasti melibatkan uang.

Dalam Islam ya, Rukun Islam ada lima. Syahadat, Sholat, Zakat, Puasa, Haji. Dari 5 tadi cuma dua yang enggak butuh uang, syahadat dan sholat. Syahadat yang paling tidak melibatkan uang, sholat masih melibatkan uang, buat beli sarung, buat beli baju koko, buat beli sajadah. Puasa butuh enggak? Butuh, buat sahur, buat buka. Zakat? jelas iya dong, Haji? Apalagi. Jadi sejak awal, Islam bicara tentang muamalah. Dua per tiga Alquran tentang muamalah, dan itu pasti melibatkan uang.

Jadi sadari segera bahwa bahagia pasti melibatkan uang.

Makanya, usahakan gimana caranya lo bisa punya uang, simpelnya sih menabung, bekerja atau usaha.

 

2. Uang bukan segalanya

Gimana sih? Diawal bilangnya punya banyak uang, sekarang bilangnya uang bukan segalanya. Ya mau gimana, memang ada hal-hal yang tidak bisa dibeli dengan uang. Bakat, waktu, cinta, persahabatan dll.

Lo punya hobi traveling, uang lo banyak misalnya, tapi kalau waktu lo lagi gak ada kan gak bisa, dan lo gak akan bisa membeli waktu, beli ke siapa? berapa harganya?.

Lo punya banyak uang, tapi lo gak bakal pernah bisa membeli cinta dan persahabatan. Gak semua orang-orang yang dekat dengan lo itu sebenernya suka sama lo, banyak juga dari mereka yang hanya ada ketika lo sedang bahagia, parahnya lagi kalau lo sedang ada ada uang, begitu lo sedang susah, terutama masalah keuangan, mereka pergi menghilang.

Sampe ada noh kata-kata mutiara nya

Ada uang abang disayang, gak ada uang abang ditendang. 

Jadi ini saatnya untuk lo seleksi teman-teman dan pacar-pacar lo, jangan-jangan mereka ada hanya karena uang lo.

Satu hal yang musti lo inget, meskipun uang bukan segala-galanya, tapi segala-galanya pasti butuh uang.

 

3. Hiduplah dengan sederhana

Hiduplah sesuai kebutuhan, jangan berlebihan, banyak2in nabung. Selalu posisikan gaya hidup lo itu dibawah kesanggupan lo. 

Misalnya nih gaji lo sanggup bikin lo ngopi Starbucks setiap hari, ya tapi gak perlu setiap hari juga kan ke starbucks? Gak ada salahnya juga dong ngopi selain Starbucks yg harganya di bawah itu? Uang sisanya bisa buat keperluan lain atau ditabung.

Sanggup beli macbook, tapi lebih pilih laptop biasa karena toh fungsinya cuma buat denger lagu, nonton yt, sama buat buka office. Lo gaptek kan sebenernya? Ayo ngaku lo! Banyak orang beli Macbook / iphone mahal-mahal cuma buat gaya doang kan??? Make nya sih gak tahu.

Sanggup beli brompton, tapi yg dibeli United, toh gowes yg dicari sehatnya bukan gaya nya.

Sanggup makan di restoran mahal, tapi milih makan di warteg, toh yg penting kenyang.

Miskin beda dengan Sederhana broh. Miskin itu kondisi hidup, sederhana itu pilihan hidup.

 

4. Hindari HUTANG apalagi yang ada bunga hutangnya

Hutang adalah salah satu faktor yang bikin hidup lo gak bahagia, apalagi kalo pendapatan lo itu pas-pasan sekali bikin stress tau ga!

Nyicil motor 2 tahun, rasanya was-was tiap akhir bulan, gaji baru masuk udah diambil bank/leasing, mending kalo sisanya banyak. Gak sanggup bayar, dikejar2 debt collector. Pas 2 tahun lunas nih, happy sekali, rasa yang membelenggu selama 2 tahun tadi akhirnya lepas sudah.

Selesai baca surat lunas dari leasing, Keluarin motor, menelusuri jalanan, masuk ke toko hape, kredit hape, ya sama ajja Jono.... Kagak kelar-kelar hutang lo!

Nih gw kasih tau ya dalam Islam, hutang adalah hal yang bisa bikin lo tertunda masuk surga. Kebayang gak lo, lo udah mau masuk surga, udah cium bau surga, udah di depan mata nih surga nya Allah, tapi ditahan gak boleh masuk dulu karena lo punya hutang!

Hindari hutang bank, kartu kredit, maupun leasing, hindari segala hutang yang ada bunga nya. Mending ngutang ke temen, ke sodara.

Hindari hutang sekuat tenaga, kalau perlu ya gaya hidup lo di turunin supaya gak ngutang.

Kalaupun memang harus berhutang, usahakan untuk sesuatu yang sifatnya produktif dan usahakan tetap terukur.

 

5. Olahraga

Olahraga memicu pelepasan hormon dopamin, senyawa yang membuat lo merasa bahagia atau senang. Ketika tubuh bergerak, seperti melompat berlari dan bermain, tubuh lo akan secara alami melepaskan dopamin.

Karena tubuh melepaskan dopamin, kadar serotonin atau lebih dikenal sebagia hormon stres juga akan berkurang. Olahraga menjadi cara melepaskan stres paling sehat dan aman.

Olahraga membantu menyembuhkan insomnia, lo-lo yang kalo malem susah tidur, sebaiknya lo olahraga. karena energi yang digunakan tubuh diubah menjadi asam laktat, dan ketika asam laktat itu menumpuk, akan menyebabkan tubuh lelah dan mengantuk sehingga mudah tertidur.

Dengan olahraga, selain tubuh lo menjadi lebih sehat dan kuat juga akan membuat lo jadi lebih bahagia.

Tapi ingat ya, olahraga untuk sehat, bukan untuk gaya, bukan untuk pamer kekayaan.

 

6. Gaul

Pada dasarnya setiap manusia itu adalah mahluk sosial yang membutuhkan bantuan orang lain untuk bertahan hidup. Jadi pasti lo ga mungkin hidup sendirian.

Dengan banyak bergaul, pikiran lo akan semakin terbuka, lo akan banyak belajar hal-hal baru, akan menemukan banyak sudut pandang / perspektif2 baru. Pandangan2 baru / perspektif2 baru ini penting, meskipun tidak semuanya bisa lo tanamkan dalam diri lo, lo tetap harus punya filter terhadap pandangan2 baru / perspektif2 baru.

Lo akan bertemu orang-orang dari latar belakang yg berbeda, orang2 yg membawa pengalaman yg berbeda. Kadang lo bertemu dengan orang2 yg sama/sejajar/sederajat dengan lo, kadang bertemu orang yg berada dibawah lo atau di atas lo. Ketika lo banyak bertemu dengan orang2 yang berada di bawah lo, lo akan banyak bersyukur dan memiliki empati. Ketika lo bertemu dengan orang2 yang berada di atas lo, lo akan banyak mawas diri.

Banyak bergaul keterampilan komunikasi lo akan semakin terasah, lo juga akan dapat teman-teman baru, belajar hal-hal baru, dapat ide-ide segar, sukur-sukur kalo dapet ide bisnis baru.

Proses itu membuat lo semakin kaya akan nilai2 kehidupan dan yang pada akhirnya akan membentuk kepribadian lo.

Karena manusia makhluk sosial, maka otomatis bersosialisasi akan membuat lo bahagia.

 

7. Ekspektasi jangan tinggi-tinggi

Manusia adalah tempatnya salah, kehidupan penuh kekecewaan.

Sebenarnya lo gak kecewa dengan orang lain, Lo cuma kecewa karena ternyata kenyataan yang ada di depan mata lo tidak setinggi ekspektasi lo. Ini yang bikin lo kecewa, ini yang bikin lo gak bahagia.

Dan sadari bahwa kita tidak bisa memaksa orang lain untuk sama seperti kita, atau sesuai dengan ekspektasi kita.

Trus gimana kalo udah terlanjur kecewa?

Tangisi secukupnya, sesali secukupnya, habis itu telen aja, terima aja, toh udah terjadi, udah di depan mata juga. Semakin lo tolak, semakin lo lawan, semakin stress lo jadinya, semakin tidak bahagia diri lo. Syukuri aja karena yg terjadi tidak lebih buruk dari yg ada sekarang. Berikut nya manfaat kan kondisi yang ada sekarang sebagai pijakan untuk melangkah kedepan.

 

8. Self Acceptance artinya menerima diri sendiri

Tidak ada yang sempurna dalam hidup ini. Manusia juga tidak ada yang lahir sempurna, setiap orang ada kekurangan dan kelebihan masing-masing, termasuk lo. Kekurangan ini bisa secara fisik maupun mental. Ketika lo gak bisa menerima kekurangan dalam diri lo, maka yang muncul adalah kekecewaan yang akhirnya membuat lo tidak bahagia.

Coba deh untuk berdamai dengan diri sendiri, berusaha ikhlas, menerima dan mencintai apapun yang ada di diri kita sendiri dan jalani hidup apa adanya, jangan terbebani oleh kekurangan lo.

 

9. Think positive, punya pikiran yang positif

Hindari pikiran-pikiran yang sifatnya negatif.

Iri dan dengki dengan kesuksesan orang lain bisa merusak ketenangan pikiran lo, kalo lo piara nih iri sama dengki yang ada lo malah stress sendiri. Santuy aja, syukuri apa yang lo punya saat ini, dan biarkan orang lain memiliki apa yang mereka punya. Ikhlaskan.

Nah berikutnya serakah juga tuh, kemaruk, banyak maunya, pengen ini-itu, kayaknya apapun yang udah lo punya tuh gak cukup, gak akan pernah cukup. Gak pernah puas dengan apa yang udah ada di genggaman tangan. Lo kalau udah serakah udah susah berfikir jernih, udah gak masuk akal, egois, akhirnya temen-temen lo males sama lo, akhirnya lo akan kehilangan teman-teman lo. Padahal lo harus sadari bahwa kebahagiaan yang diperoleh orang serakah ini lebih seringnya adalah kebahagiaan semu.

Berikutnya rasa takut, Rasa takut yang muncul bukan berarti lo orang yang lemah, Karena rasa takut merupakan sebuah naluri perasaan, dan setiap orang pasti pernah merasakan takut. Rasa takut muncul karena rasa cemas yang berlebihan. Rasa takut ini kadang menghalangi kita untuk maju. Padahal rasa takut bisa diatasi dengan mencari, mengenali penyebabnya kemudian mencari solusinya.

Fisik dan mental seseorang tergantung dari kesehatan pikirannya, kalo sering berpikir positif, hidup lo akan tenang, tidak ada beban pikiran, dan gak stress jadinya.

 

10. Badai Pasti Berlalu

Be realistic, jadilah orang yang realistis, jalani saja hidup lo apa adanya, sesuai dengan kemampuan lo, dan gak muluk-muluk, be realistic aja lah udah. Supaya lo tidak menjadi tidak bahagia ketika mengejar kebahagiaan. Jadi lo mengejar kebahagiaan nih, tapi karena lo mendefinisikan bahagianya gak realistis, ekspektasi lo ketinggian, jadi yang harusnya lo bahagia, malah yang ada lo kecewa dan gak bahagia.

Mulailah dengan menyusun rencana hidup yang bisa lo kontrol dengan menempatkan diri lo sebagai tolak ukurnya, jangan gunakan ukuran orang lain. Karena lo dan orang lain itu berbeda.

Yang menurut gw paling penting untuk segera lo sadari adalah bagaimana kita seharusnya menempatkan bahagia dan tidak bahagia bukan sebagai hal yang harus dikejar dan dihindari. Tidak ada satu orang pun di dunia yang bisa terhindar dari kesedihan, keterpurukan, kegagalan atau apapun bentuk ketidakbahagiaan. Tapi hidup itu kan seperti roda yang selalu berputar. Bahagia dan tidak bahagia adalah sebuah fase dalam hidup yang selalu hadir berdampingan dan harus dilalui.

Ketika lo sudah memahami ini dan menjadikan semacam mantra hidup, niscaya lo dapat menjalani hari dengan lebih bahagia dan tidak perlu terpuruk saat tidak bisa mendapatkan apa yang lo inginkan.

Nah guys itu tadi 10 resep bahagia menurut gw. Gimana menurut lo? Silahkan komentar di kolom komentar, jangan lupa di like dulu videonya, di subscribe channelnya, bantu share ke temen-temen, siapa tahu bermanfaat buat mereka.

Semoga video ini bermanfaat, sampai ketemu di video selanjutnya, wassalamu'alaykum wr wb.